Kamis, 15 Mei 2014

TATA RUANG KANTOR

Beberapa contoh gambar tata ruang kantor :








TATA RUANG KANTOR
  
 Definisi tata ruang kantor


Taat ruang kantor berasal dari bahasa inggris, yaitu Office Layout atau sering disebut juga Layout saja. Tata ruang kantor adalah pengaturan perabotan, mesin, dan sebaginya didalam ruangan yang tersedia.Menurut beberapa ahli mengatakan pengertian tata ruang kantor sebagai berikut :
  1. Menurut George Terry yang disadur pula oleh The Liang Gie menyatakan “Tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan dalam penggunaan ruang secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak” (1988:200).
  2. Menurut Littlefield dan Peterson menyatakan “Tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabotan dan alt perlengkapan pada luas lantai yang tersedia” (1956:117). 


Macam – macam Tata Ruang Kantor

Pada dasarnya, dikenal empat macam tata ruang, yaitu :

1. Tata ruang berkamar (Cubcile Type Offfice)

Adalah ruang untuk bekerja yang dipisah atau dibagi dalam kamar-kamar.

2. Tata ruang kantor terbuka (Open Plan Office)

Adalah ruang besar untuk bekerja yang ditempati oleh beberapa pegawai yang bekerja sama-sama di ruangan termaksud tanpa dipisah oleh penyekat.

3. Tata ruang kantor berhias atau berpanorama/bertaman (Land Scaped Offices)

Adalah ruangan untuk bekerja yang dihiasi oleh taman, dekorsi, dan lainnya. Bentuk ruangan kanntor behias ini mengusahakan agar lingkungan ruangan perkantoran nampak seperti pemanadangan alam terbuka dan benar-benar merupakan lingkungan yang nyaman, menyenangkan, dan ekonomis dalam pemanfaatan ruangan.
4. Tata ruang kantor yang merupakan gabungan antara bentuk tata ruang kantor berkamar, tat ruang kantor terbuka, dan tata ruang kantor berhias.

Manfaat tata ruang kantor 
Berikut beberapa manfaat tata ruang kantor :


  • ·         Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena berjalan mondar – mandir yang sebetulnya tidak perlu.

  • ·         Menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan.

  • ·         Memungkinkan pemakaian ruang kerja secara efisien, yaitu suatuluas lantai tertentu dapat dipergunakan untuk keperluan yang sebanyak – banyaknya.

  • ·         Mencegah pegawai dibagian lain terganggu oleh publik yang akan menemui suatu bagian tertentu.    ASAS ASAS TATA RUANG KANTOR
  • Beberapa asas itu ialah :
    1.    Asas mengenai jarak terpendek. Dengan tidak mengabaikan hal – hal yang khusus,suatu tatauruang yang terbaik ialah yang memungkinkan proses penyelesaian sesuatu pekerjaan menempuh jarak yang terpendek – pendeknya. Dalam hal ini garis lurus antara 2 titik adalah jarak yang terpendek.
    2.    Asas mengenai rangkaian kerja. Suatu  tataruang yang terbaik adalah yang menempatkan para pegawai dan alat – alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urut – urutan penyelesaian pekerjaan yang bersangkutan. Asas ini merupakan kelengkapan dari asas mengenai jarak terpendek. Jarak terpendek tercapai kalau para pekerja atau alat – alat yang ditaruh berderet – deret menurut urutan proses penyelesaian pekerjaan. Menurut asas ini suatu pekerjaan harus senantiasa bergerak maju dari permulaan dikerjakan sampai selesainya., tidak ada gerak mundur atau menyilang. Bentuknya dapat berupa garis bersiku – siku atau lingkaran ataupun berwujud huruf L atau U.
    3.    Asas mengenai penggunaan segenap ruang. Suatu tataruang yang terbaik ialah yang mempergunakan sepenuhnya semua ruang yang ada. Ruang itu tidak hanya yang berupa luas lantai saja ( ruang datar ), melainkan juga ruang yang vertical ke atas maupun ke bawah.
    4.    Asas mengenai perubahan susunan tempat kerja. suatu tataruang yang terbaik ialah yang dapat diubah atau disusun kembali dengan tidak terlampau sukar atau tidak memakan biaya yang besar.

7 komentar:

Powered By Blogger